WANITA YANG SEMENTARA HARAM DINIKAHI
11.
Wanita yang sementara haram dinikahi
Maksudnya
ialah wanita yang ada sebab-sebab tertentu yang mana selama sebab-sebab itu masih ada, wanita tersebut tidak boleh dinikahi.
Tetapi
bilamana sebab-sebab itu telah hilang, maka boleh dinikahinya.
Mereka
itu adalah sebagai berikut
:
1. Memadukan seorang wanita dengan saudaranya atau dengan bibinya.
وَ اَنْ تَجْمَعُوْا بَيْنَ اْلاُخْتَيْنِ، اِلاَّ مَا قَدْ سَلَفَ.
اِنَّ اللهَ كَانَ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا. النساء:23
Dan
(diharamkan) menghimpunkan
dalam perkawinan dua wanita yang bersaudara, kecuali yang telah terjadi pada masa lampau.
Sesungguhnya Allah Maha
Pengampun lagi Maha Penyayang.
[QS. An-Nisaa’ : 23]
عَنْ فَيْرُوْزَ الدَّيْلَمِيِّ اَنَّهُ اَدْرَكَهُ اْلاِسْلاَمَ وَ
تَحْتَهُ اُخْتَانِ، فَقَالَ لَهُ رَسُوْلُ اللهِ ص: طَلِّقْ اَيَّتَهُمَا
شِئْتَ. احمد و ابو داود و ابن ماجه و الترمذى
Dari
Fairuz Ad-Dailamiy, bahwa ia
masuk Islam dengan kedua istrinya yang bersaudara. Maka Rasulullah SAW bersabda kepadanya, “Thalaqlah salah seorang dari keduanya yang kamu kehendaki”.
[HR. Ahmad, Abu Dawud, Ibnu
Majah dan Tirmidzi]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لاَ يُجْمَعُ
بَيْنَ اْلمَرْأَةِ وَ عَمَّتِهَا، وَ لاَ بَيْنَ اْلمَرْأَةِ وَ
خَالَتِهَا. البخارى و مسلم و اللفظ له
Dari
Abu Hurairah ia berkata :
Rasulullah SAW bersabda,
“Tidak boleh dimadu seorang wanita dengan saudara perempuan ayah wanita itu dan seorang wanita dengan saudara perempuan ibu wanita itu”.
[HR. Bukhari dan Muslim,
dan lafadh ini bagi
Muslim]
2.
Wanita yang bersuami.
Firman
Allah SWT :
وَ اْلمُحْصَنَاتُ مِنَ النّسَآءِ اِلاَّ مَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ
كِتَابَ اللهِ عَلَيْكُمْ. النساء:24
dan
(diharamkan juga kamu mengawini) wanita yang bersuami, kecuali budak-budak yang kamu miliki (Allah telah menetapkan hukum itu) sebagai ketetapan-Nya atas kamu.
[QS. An-Nisaa’ : 24]
3.
Wanita yang masih di dalam iddah
Adapun
tentang iddah wanita adalah sebagai berikut
:
a.
Wanita yang haidl, iddahnya 3 kali quru’ (tiga kali suci/tiga kali haidl).
وَ اْلمُطَلَّقَاتُ يَتَرَبَّصْنَ بِاَنْفُسِهِنَّ ثَلاَثَةَ قُرُوْءٍ،
وَ لاَ يَحِلُّ لَهُنَّ اَنْ يَّكْتُمْنَ مَا خَلَقَ اللهُ فِيْ اَرْحَامِهِنَّ
اِنْ كُنَّ يُؤْمِنَّ بِاللهِ وَ اْليَوْمِ اْلاخِرِ وَ بُعُوْلَتُهُنَّ اَحَقُّ
بِرَدّهِنَّ فِيْ ذلِكَ اِنْ اَرَادُوْا اِصْلاَحًا. البقرة:228
Wanita-wanita
yang dithalaq hendaklah
menahan diri (menunggu) tiga kali quru’.
Tidak boleh mereka menyembunyikan apa yang diciptakan Allah dalam rahimnya, jika mereka beriman kepada Allah dan hari akhirat. Dan suami-suaminya berhak merujukinya dalam masa menanti itu, jika mereka (para suami) itu menghendaki ishlah.
[QS. Al-Baqarah : 228]
b.
Wanita yang ditinggal mati suaminya, iddahnya 4 bulan 10 hari.
وَ الَّذِيْنَ يُتَوَفَّوْنَ مِنْكُمْ وَ يَذَرُوْنَ اَزْوَاجًا
يَّتَرَبَّصْنَ بِاَنْفُسِهِنَّ اَرْبَعَةَ اَشْهُرٍ وَ عَشْرًا. البقرة:234
Orang-orang
yang meninggal dunia diantaramu dengan meninggalkan istri-istri (hendaklah para istri itu) menangguhkan dirinya (beriddah) empat bulan sepuluh hari.
[QS. Al-Baqarah : 234]
c. Wanita yang telah berhenti dari haidl atau tidak haidl, iddahnya 3 bulan.
وَ الّئِ يَئِسْنَ مِنَ اْلمَحِيْضِ مِنْ نّسَآئِكُمْ اِنِ ارْتَبْتُمْ
فَعِدَّتُهُنَّ ثَلاَثَةُ اَشْهُرٍ وَّ الّئِ لَمْ يَحِضْنَ. الطلاق:4
Dan
perempuan-perempuan yang tidak haidl lagi (menopause) diantara perempuan-perempuanmu jika kamu ragu-ragu (tentang masa iddahnya) maka iddah mereka adalah tiga bulan.
Dan begitu (pula) perempuan-perempuan yang tidak
haidl.
[QS. Ath-Thalaaq : 4]
d.
Wanita yang hamil, iddahnya hingga melahirkan kandungannya.
وَ اُولاَتُ اْلاَحْمَالِ اَجَلُهُنَّ اَنْ يَّضَعْنَ حَمْلَهُنَّ، وَ
مَنْ يَّتَّقِ اللهَ يَجْعَلْ لَّه مِنْ اَمْرِه يُسْرًا. الطلاق:4
Dan
perempuan-perempuan yang hamil, waktu iddah mereka itu ialah sampai mereka melahirkan kandungannya.
Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.
[QS. Ath-Thalaaq : 4]
4.
Wanita yang sudah dithalaq tiga
kali.
الطَّلاَقُ مَرَّتَانِ فَاِمْسَاكٌ بِمَعْرُوْفٍ اَوْ تَسْرِيْحٌ
بِاِحْسَانٍ. البقرة:229
Thalaq
yang dapat (dirujuki) itu dua
kali.
Setelah
itu boleh rujuk lagi secara ma’ruf atau menceraikan secara baik.
[QS. Al-Baqarah : 229]
فَاِنْ طَلَّقَهَا فَلاَ تَحِلُّ لَهُ مِنْ بَعْدُ حَتّى تَنْكِحَ
زَوْجًا غَيْرَه، فَاِنْ طَلَّقَهَا فَلاَ جُنَاحَ عَلَيْهِمَا اَنْ يَّتَرَاجَعَا
اِنْ ظَنَّا اَنْ يُقِيْمَا حُدُوْدَ اللهِ وَ تِلْكَ حُدُوْدُ اللهِ يُبَيّنُهَا
لِقَوْمٍ يَّعْلَمُوْنَ. البقرة:230
Kemudian
jika si suami menthalaqnya (sesudah thalaq yang kedua), maka perempuan itu tidak halal lagi baginya hingga dia kawin dengan suami yang lain. Kemudian jika suami yang lain itu menceraikannya, maka tidak ada dosa bagi keduanya (bekas suami pertama dan istri) untuk kawin kembali jika keduanya berpendapat akan dapat menjalankan hukum-hukum Allah.
Itulah
hukum-hukum Allah, diterangkan-Nya kepada kaum yang (mau) mengetahui.
[QS. Al-Baqarah : 230]
5.
Wanita musyrik sehingga beriman
وَ لاَ تَنْكِحُوا اْلمُشْرِكَاتِ حَتّى يُؤْمِنَّ وَ َلاَمَةٌ
مُّؤْمِنَةٌ خَيْرٌ مّنْ مُّشْرِكَةٍ وَّ لَوْ اَعْجَبَتْكُمْ. البقرة:221
Dan
janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik sebelum mereka beriman.
Sesungguhnya wanita budak yang mu'min lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu.
[QS. Al-Baqarah : 221]
Demikianlah
tentang wanita-wanita yang
tidak boleh dinikahi.
Disamping
itu perlu diingat bahwa wanita muslimah tidak boleh menikah dengan lelaki musyrik atau kafir. [Lihat QS. Al-Mumtahanah
: 10 dan QS.
Al-Baqarah : 221]
0 komentar:
Silahkan Komentar Tapi Yang Sopan, Kami Pasti Segan